• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 16.00 WIB
  • Status Order
  • SMS/WA: 082166440044
  • BBM : 56DBB83F
  • sitiaisah815@gmail.com
  • Layanan Online:
Terpopuler:

Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Bayi

06 December 2014 - Kategori Blog

A father and a mother talking to their baby.

Menurut penelitian, berbicara bayi dengan cara tertentu membuat bayi lebih mudah memahami bahasa yang ibu gunakan. Ada beberpa cara yang dapat ibu gunakan untuk mengembangkkan dan meningkatkan kemampuan berbahasa dengan baik. Berikut beberapa cara yang dianggap efektif untuk belajar berbahasa dengan bayi.

  • Berbicara dengan mengalun seperti sedang bernyanyi

Sebagai ibu memang harus sering mengajak bayi mengobrol. Hal ini akan mempengaruhi penguasaan kosakata yang dimiliki bayi. Semakin banyak ibu mengajak ngobrol dan mengenalkan kosakata maka bayi akan menguasai banyak kosakata. Ketika ibu mengajak ngobrol usahakan dengan nada yang mengalun seperti bernyanyi, agar bayi dapat mendengar secara jelas ejaan kata tersebut. Pastikan ada penekanan pada huruf vocal pada setiap kata yang terucap, seperti “seelaamaaat paagiiii deeeedeeeeek”.

  • Berbicara empat mata

Berbicara empat mata merupakan salah satu cara yang efektif, karena bayi akan berpusat pada yang ibu katakan saat mengobrol. Saat-saat seperti inilah, ibu harus mengambil kesempatan untuk mengenalkan banyak kosakata baru.

  • Ajak ngobrol

Seringkali kita melihat ibu mengobrol dengan bayinya, meskipun bayi belum tau apa yang ia katakana. Jangan salah, hal ini justru memang harus dilakukan oleh ibu. Hal ini dapat merangsang bayi agar ingin berkomunikasi. Meskipun bayi belum paham dengan setiap ucapan ibu, teruslah mengenalkan banyak hal yang ada dilingkungan, karena ini akan berefek pada saat bayi mulai berbicara. Ketika jalan-jalan, ajaklah bayi berbicara. Kenalkan hal-hal yang ada disekitarnya, seperti “itu langit, ini bunga, cantik yah?”. Selain mengenalkan hal-hal disekitar, ibu juga dapat mendongeng suatu cerita. Tak harus cerita klasik yang sering kita dengar, dongeng apa saja yang terdapat nilai edukatif juga dapat ibu berikan. Setiap kali ibu mendongeng, berilah penekanan terhadap aspek yang dapat diteladani.

Sebagai ibu yang baik memang harus bekerja keras untuk menghasilkan anak yang berkelas. Nah, mumpung masih bayi, ayo para ibu mulai memberikan pendidikan yang baik dan berguna untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia.

,