• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 16.00 WIB
  • Status Order
  • SMS/WA: 082166440044
  • BBM : 56DBB83F
  • sitiaisah815@gmail.com
  • Layanan Online:
Terpopuler:

Mengenalkan Waktu Pada Anak

21 January 2015 - Kategori Blog

Jam-tangan-mainan-kayu-mainan-anak-anak-anak-anak-bermain-menonton-gelang-jam-kartun-mainan-bayi.jpg_220x220

Ingatkah bunda, semasa kecil kita sering bertanya-tanya jam berapa sekarang? Masih pagi, siang, sore, ataukah malam? Semasa kecil kita belum bida membaca waktu, dan dengan bertambahnya usia kita mulain mencari tahu bagaimana membaca waktu. Nah bagi bunda yang ingin mengenalkan cara membaca waktu pada sang anak, tips ini dapat membantu.

  1. Kesadaran

Keasadaran anak untuk mulai memperhatikan waktu sekitar usia 4-5 tahun. Anak-anak suadah sering bertanya jam berapa sekaran? Kapan esok datang? Dan macam lainnya. Di sini menandakan bahwa anak mulai memiliki kesadaran untuk memahami waktu.

  1. Bertahap

Biasanya anak akan memahami waktu dengan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukannya dalam keseharian. Misalnya pagi, maka ia harus bangun dan sarapan derta bersiap-siap bersekolah. Pada siang hari ia pulang sekolah dan biasanya bermain sampai sore. Biasanya di usia 5 tahun anak-anak muali mempelajari nama hari dalam seminggu, nama-nama bulan dan musim.

  1. Belajar membaca jam

Ketika anak sudah mulai memahami waktu berikanlah anak jam pendidikan yang memiliki jarum warna jarum jam berbeda, sehingga mudah dalam membedakan jam, menit dan detik. Gunakan buku-buku pendukung untuk mengajari membaca waktu, jelaskan secara jelasdan tanyakan apakah anak sudah paham atau belum.

Untuk membantu anak memahami waktu memang memerlukan waktu yang agak lama. Bunda harus sabar dan telaten yah, semoga tips ini membantu.

 

, , ,