• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 16.00 WIB
  • Status Order
  • SMS/WA: 082166440044
  • BBM : 56DBB83F
  • sitiaisah815@gmail.com
  • Layanan Online:
Terpopuler:

Yuk Merawat Gigi Si Kecil

17 December 2014 - Kategori Blog

640xauto-trik-agar-sikat-gigi-jadi-menyenangkan-untuk-si-kecil-130903f-1

Ingatkah bunda semasa kecil, makanan apa yang bunda sukai? Benar sekali, setiap anak kecil pasti menyukai manakan yang manis. Misalnya permen, coklat, dan manisan tanpa peduli pada kesehatan gigi. Begitu juga dengan si kecil, pasti dia juga menyukai hal yang sama. Tanpa memperdulikan kesehatan gigi, maka suatu saat si kecil akan merasa sakit gigi.

Nah, sebagai bunda yang bertanggung jawab terhadap kesehatan sudah kewajiban bunda mengajarkan si kecil merawat giginya sejak dini. Mengajarkan merawat gigi sejak dini akan membentuk kebiasaan pada si kecil sekaligus terpeliharanya gigi dengan baik.

Kerusakan gigi semasa kecil akan mengakibatkan masalah ketika ia tumbuh semakin besar. Misalnya, karena gigi rusak saat kecil, maka gigi yang tumbuh tidak beraturan. Dan untuk memperbaiki/meratakan gigi memerlukan biaya yang mahal.

Mengajarkan merawat gigi sejak kecil adalah pilihan yang bijak. Sebelum gigi pertama si kecil tumbuh, bunda harus benar-benar memperhatikan dan merawat gigi dengan maksimal. Pasalnya jika deretan gigi bayi kurang teratur akan mempersulit saat mengunyah dan belajar bicara.

Cara terbaik untuk mengajarkan si kecil dapat dimulai sejak bayi berumur 7 hari. Bersihkan gusi bayi dengan kain kasa yang dibasahi, sehingga terasa lembut dan tidak menyakiti gusi bayi. Bersihkan gusi gigi sehari dua kali, agar plak bekas susu tidak menempel dan merusak calon gigi bayi pertama.

Untuk perhatian bunda, jangan biasakan si kecil tidur sambil mengisap botol susu atau minuman manis lainnya. Hal ini juga dapat menyebabkan pembusukan gigi pada si kecil.

Nah, saat gigi pertama si kecil muncul, gantilah kain kasa dengan sikat berbulu lembut, kepala sikat yang kecil, dan pegangan sikat yang lebar agar memudahkan si kecil memakainya. Awal menggunakan sikat, cukup basahi dengan air. Setelah usia si kecil memasuki satu tahun, bunda dapat mengajarkan untuk menyikat gigi dengan pasta gigi dan ajarkan berkumur dan memubuang sisa kumur.

Ketika si kecil berusia dua tahun, biarkan dia belajar menyikat giginya sendiri. Ajarkan menyikat gigi dari bagian depan sampai dalam dengan perlahan. Agar si kecil memiliki kebiasaan yang baik untuk menyikat gigi, yuk bunda awasi dan temani si kecil saat menyikat gigi. Jadi, bunda dapat memastikan si kecil membersihkan gigi dengan baik.

, , ,